Langsung ke konten utama

Pengalaman Adalah Guru Yang Tidak Baik @kangwiguk

Experience is the best teacher, pengalaman adalah guru yang terbaik. Menurut hemat saya, tidak sepenuhnya pepatah tersebut benar. Namun, bukan pula berarti saya menyalahkan secara penuh pepatah tersebut. TIDAK! Lantas, apa yang menjadi dasar pendapat saya itu?!

Begini! Jika pengalaman adalah guru yang terbaik, maka setiap orang yang lebih tua tentu ia memiliki kehidupan yang lebih baik. Karena ia memiliki kesempatan yang lebih lama hidup di dunia ini. Dan itu berarti ia memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak dibanding mereka yang berusia muda. Namun, kenyataannya tidak demikian 'kan?! Banyak kita temui dalam kehidupan ini, mereka yang masih berusia belia tapi sudah dapat menduduki posisi puncak dalam kariernya. Ini jika kesuksesan diukur dari sisi materi atau
jabatan. Jika kedewasaan dalam bersikap, bertutur, dan bertindak sebagai ukurannya, hasilnya juga tidak jauh-jauh amat. Masih sering kita temui pemuda yang lebih cerdas dan bijak dalam bersikap. Ini bukan berarti saya menyepelekan peran orang tua lho? Tidak! Saya juga sependapat dengan Anda bahwa masih banyak bertebaran di muka bumi ini orang tua yang jauh lebih bijak dalam bersikap maupun dalam bertutur kata. Namun tidak semua 'kan?! Artinya tidak selalu mereka yang hidup lebih lama memiliki pengalaman berarti dalam merubah hidup dan kehidupannya.

"Pengalaman tidak selamanya menjadi guru yang terbaik. Yang membedakan itu semua adalah komitmen. Tinggi rendahnya komitmen seseorang terhadap pekerjaannya akan berpengaruh terhadap pengalaman yang ia peroleh."

Dalam dunia kerja juga demikian, mereka yang sudah menapaki karir sepuluh tahun lamanya tidak lantas menjadi pribadi yang lebih baik dibanding mereka yang baru berkarier selama dua tahun, misalnya. Terkadang malah sebaliknya, mereka yang masih "belia" dalam berkarier terkadang malah memiliki prestasi yang lebih cemerlang dibanding mereka yang sudah puluhan tahun mengabdi. Tak percaya?! Silahkan saja Anda mengamati rekan-rekan kerja di sekitar lingkungan Anda. Bagaimana hasilnya? Kok bisa ya?!

Itulah kenapa saya katakan bahwa pengalaman tidak selamanya menjadi guru yang terbaik. Yang membedakan itu semua adalah komitmen. Tinggi rendahnya komitmen seseorang terhadap pekerjaannya akan berpengaruh terhadap pengalaman yang ia peroleh. Mereka yang memiliki komitmen tinggi terhadap pekerjaan akan memiliki pengalaman yang luar biasa, baik dalam karier maupun kehidupannya. Sebaliknya, mereka yang memiliki komitmen rendah terhadap pekerjaannya akan memiliki pengalaman yang biasa-biasa saja dalam kehidupan maupun kariernya. Hidupnya tetap, monoton, flat, dan nyaris tanpa perubahan yang berarti.

Mereka yang memiliki komitmen tinggi akan selalu penasaran dengan tantangan-tantangan yang ada. Mereka akan selalu mencoba dan mencoba untuk menemukan metode yang tepat guna menyelesaikan tantangannya. Trial and error inilah yang akan melatih dan mematangkan mental mereka, sehingga ke depan mereka menjadi lebih siap untuk menapaki jenjang karier yang lebih tinggi lagi. Sedangkan mereka yang memiliki komitmen rendah, justru malah senang menghindari tantangan. Mereka enggan dengan perubahan-perubahan yang ada, sehingga hidupnya menjadi tidak terlatih dan selamanya ia tidak akan siap untuk menerima tanggungjawab yang lebih besar lagi.

Bukankah dalam postingan awal telah kita sepakati, bahwa sang juara adalah mereka yang tercepat atau yang terkuat. Dan hal itu mustahil dapat dicapai tanpa latihan dan latihan.

Ini opini saya, bagaimana dengan opini Anda?

Salam,
@kangwiguk






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lebih Susah Mana Mencari Kerja Ataukah Mencari Tenaga Kerja @kangwiguk

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa jumlah pengangguran di Indonesia hingga akhir Februari 2013 tercatat sebesar 7,17 juta orang. (sumber: kompas.com, 6 Mei 2013). Hal ini ditengarai karena sempitnya lapangan kerja. Jumlah pengangguran tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. “Untuk bisa sekolah saja susahnya minta ampun. Lha sekarang sudah lulus sekolah, nyari kerja ternyata lebih susah lagi,” begitu komentar salah satu tetangga saya yang kebingungan karena anaknya yang baru lulus sekolah menengah belum juga mendapat pekerjaan, meski telah melamar berulang kali.             Pertanyaannya sekarang, benarkah mencari kerja itu susah?

Daftar Blogger Pemula Aktif Indonesia

"Berbagi Semangat, Semangat Berbagi," itulah tagline yang saya gunakan dalam blog ini. Mengapa demikian? Ada dua hal yang melatar belakanginya. Pertama , SEMANGAT. Bagi saya, semangat adalah ruh dari setiap aktivitas kita. Ia adalah nyawa yang menghidupkan dan menggerakkan setiap sendi kehidupan kita. Tanpanya, hidup menjadi tak bergairah, loyo, dan tentu saja, tak ada pencapaian yang luar biasa. Kedua, BERBAGI. Untuk hal yang satu ini, rasanya tak perlu butuh banyak penjelasan, berbagai literatur bertebaran di mana-mana yang menunjukkan bahwa hikmah atau manfaat dari berbagi ini sangatlah banyak. Diantaranya adalah hidup menjadi lebih indah dan bermakna. Berbicara mengenai berbagi, saya langsung teringat dengan salah satu program yang digagas oleh admin Blogger Pemula Indonesia , Kang Hendri. Kang Hendri, telah mencetuskan sebuah ide yang luar biasa (menurut saya), yakni: blogwalking . Tentunya, bagi setiap blogger yang ingin blog-nya berkembang, kehadiran setiap pengu

Semangat @kangwiguk

"Tak ada yang bisa menghentikan karya, tak juga waktu. Yang bisa menghentikan adalah SEMANGAT YANG MATI." Pernah Anda mendengar ungkapan ini?! Iya, ini adalah ungkapan seorang musisi legendaris Indonesia, Chrisye. (Audifax, 2010). Dalam hal apapun yang kita geluti, SEMANGAT selalu menjadi hal terpenting yang harus dimiliki. Ia adalah "RUH" yang menghidupkan, ia adalah nyawa yang menggerakkan, selama semangat itu masih kita miliki, tak peduli berapa kali pun kita jatuh atau bahkan dijatuhkan (barangkali), maka sebanyak itu pula kita akan (sanggup) bangkit. Oleh karenanya, milikilah semangat yang berapi-api, semangat yang terus membara dari waktu ke waktu. Jaga sebaik mungkin dan jangan pernah biarkan padam sedikit pun. Bersamanya, raihlah apapun yang menjadi impian dan harapan Anda. Semangat Pagi, Semangat Beraktivitas. Salam, @kangwiguk