Langsung ke konten utama

Bekerja Dengan Kekuatan Tuhan @kangwiguk

Bagi sebagian orang bekerja bukan sekedar sebagai kewajiban untuk mencari uang guna pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Namun lebih dari itu. Dewasa ini sebagian besar orang telah menjadikan bidang pekerjaannya sebagai sarana untuk mendedikasikan hidup dan kehidupannya. Memberi kontribusi positif bagi kehidupan ini. Dengan kata lain, bekerja adalah ibadah. Bekerja merupakan bentuk pengabdian seorang hamba kepada Tuhan, maka sudah sewajarnya jika ia selalu melibatkan Tuhan dalam setiap aktivitasnya. Kesadaran inilah yang disebut orang barat sebagai consciousness, atau kita biasa menyebutnya dengan istilah "ketaqwaan".

Dan Hamer dalam bukunya, "Gen Tuhan", menyatakan bahwa sesungguhnya setiap manusia sudah diwarisi dalam dirinya kecenderungan yang membuat otaknya haus sekaligus siap menerima tuntunan "kekuatan yang lebih tinggi",
yakni kekuatan Tuhan Yang Maha Kuasa. (Erbe Sentanu, 2007).

Dengan pemahaman tersebut, pola berpikir manusia juga mengalami transformasi. Jika sebelumnya manusia cenderung suka menggunakan cara berpikir positif (positive thinking), dewasa ini sudah mengalami pergeseran untuk memasuki era kolaborasi hati (positive feeling). Meminjam istilah Kang Nunu (Erbe Sentanu), penulis buku "Quantum Ikhlas: Teknologi Aktivasi Kekuatan Hati". Lantas, apa beda antara Postive Thinking dengan Positive Feeling?

"Meski terkadang hal itu tampak mustahil bagi orang lain, namun sejatinya tidak demikian, karena kekuatan yang ia gunakan untuk melakukan lompatan-lompatan besar tersebut adalah kekuatan Tuhan, bukan kekuatan dirinya sendiri."

Positive Thinking adalah konsep berpikir dengan mengandalkan kekuatan dari pikiran diri sendiri. Lebih bersifat individu dan cenderung menggunakan metode goal setting untuk mencapai tujuannya. Sedangkan Positive Feeling merupakan kolaborasi antara kekuatan diri sendiri dengan kekuatan Tuhan sebagai pemilik sumber kekuatan yang Maha Besar. Jika positive thinking menggunakan metode goal setting untuk mencapai tujuannya, maka positive feeling cenderung menggunakan kekuatan doa (goal praying) sebagai metode untuk mencapai keberhasilannya. Mereka sadar bahwa hanya melalui Tuhan-lah segala tujuan itu akan tercapai. Dengan demikian, mereka pun menjadi lebih giat dalam menjalani step by step proses keberhasilannya. Malas? malu sendirilah sama Tuhan... Karena ia merasa bahwa dalam setiap aktivitasnya ia selalu bersama Tuhan. Jadi, jangan heran jika orang-orang yang memiliki pemahaman demikian memiliki lompatan-lompatan besar dalam kehidupannya, meski terkadang hal itu tampak mustahil bagi orang lain, namun sejatinya tidak demikian, karena kekuatan yang ia gunakan untuk melakukan lompatan-lompatan besar tersebut adalah kekuatan Tuhan, bukan kekuatan dirinya sendiri.

Itulah makna dari bekerja dengan mengandalkan kekuatan Tuhan, sebagaimana riwayat yang disampaikan oleh Imam Ja'far dalam Kitab Al Bihar: "Apabila seorang hamba berkata, 'Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah' maka Allah menjawab, 'Hai malaikat-Ku, hamba-Ku telah ikhlas berpasrah diri, maka bantulah dia, tolonglah dia, dan sampaikan (penuhi) hajat keinginannya'."

Wallahu'alam.

Salam,
@kangwiguk






Komentar

  1. Silahkan tinggalkan komentar...
    Masukan atau bahkan kritik dari Anda sangat berarti bagi saya.
    Terima kasih..

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih, Anda telah berkunjung ke blog saya. Masukan, saran, dan kritik dari Anda sangat berarti bagi saya.
Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini...

Postingan populer dari blog ini

Lebih Susah Mana Mencari Kerja Ataukah Mencari Tenaga Kerja @kangwiguk

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa jumlah pengangguran di Indonesia hingga akhir Februari 2013 tercatat sebesar 7,17 juta orang. (sumber: kompas.com, 6 Mei 2013). Hal ini ditengarai karena sempitnya lapangan kerja. Jumlah pengangguran tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. “Untuk bisa sekolah saja susahnya minta ampun. Lha sekarang sudah lulus sekolah, nyari kerja ternyata lebih susah lagi,” begitu komentar salah satu tetangga saya yang kebingungan karena anaknya yang baru lulus sekolah menengah belum juga mendapat pekerjaan, meski telah melamar berulang kali.             Pertanyaannya sekarang, benarkah mencari kerja itu susah?

Daftar Blogger Pemula Aktif Indonesia

"Berbagi Semangat, Semangat Berbagi," itulah tagline yang saya gunakan dalam blog ini. Mengapa demikian? Ada dua hal yang melatar belakanginya. Pertama , SEMANGAT. Bagi saya, semangat adalah ruh dari setiap aktivitas kita. Ia adalah nyawa yang menghidupkan dan menggerakkan setiap sendi kehidupan kita. Tanpanya, hidup menjadi tak bergairah, loyo, dan tentu saja, tak ada pencapaian yang luar biasa. Kedua, BERBAGI. Untuk hal yang satu ini, rasanya tak perlu butuh banyak penjelasan, berbagai literatur bertebaran di mana-mana yang menunjukkan bahwa hikmah atau manfaat dari berbagi ini sangatlah banyak. Diantaranya adalah hidup menjadi lebih indah dan bermakna. Berbicara mengenai berbagi, saya langsung teringat dengan salah satu program yang digagas oleh admin Blogger Pemula Indonesia , Kang Hendri. Kang Hendri, telah mencetuskan sebuah ide yang luar biasa (menurut saya), yakni: blogwalking . Tentunya, bagi setiap blogger yang ingin blog-nya berkembang, kehadiran setiap pengu

Semangat @kangwiguk

"Tak ada yang bisa menghentikan karya, tak juga waktu. Yang bisa menghentikan adalah SEMANGAT YANG MATI." Pernah Anda mendengar ungkapan ini?! Iya, ini adalah ungkapan seorang musisi legendaris Indonesia, Chrisye. (Audifax, 2010). Dalam hal apapun yang kita geluti, SEMANGAT selalu menjadi hal terpenting yang harus dimiliki. Ia adalah "RUH" yang menghidupkan, ia adalah nyawa yang menggerakkan, selama semangat itu masih kita miliki, tak peduli berapa kali pun kita jatuh atau bahkan dijatuhkan (barangkali), maka sebanyak itu pula kita akan (sanggup) bangkit. Oleh karenanya, milikilah semangat yang berapi-api, semangat yang terus membara dari waktu ke waktu. Jaga sebaik mungkin dan jangan pernah biarkan padam sedikit pun. Bersamanya, raihlah apapun yang menjadi impian dan harapan Anda. Semangat Pagi, Semangat Beraktivitas. Salam, @kangwiguk