Langsung ke konten utama

Mimpi Saya, Mimpi Anda, dan Mimpi Kita @kangwiguk

Seorang filsuf muslim, Al Ghazali (1058 - 1111 M), mengatakan bahwa ada dua unsur penciptaan manusia, yakni: unsur materi (nasut) dan unsur immateri (lahut). Unsur materi adalah unsur yang membentuk jasad manusia - unsur ini bersifat fana (tidak abadi), sedangkan immateri adalah unsur yang membentuk jiwa manusia - membawa sifat Tuhan dan bersifat kekal abadi, kita biasa menyebutnya sebagai jiwa (ruh). Maka ketika manusia tiada, maka sesungguhnya yang meninggal adalah jasadnya, sedangkan jiwa (ruh) nya tetap hidup dan berpindah ke alam ruh, untuk mempertanggungjawabkan amal perbuatannya, kelak.

Melihat dari apa yang telah dipaparkan oleh Al Ghazali tersebut, kita bisa memahami bahwa sebenarnya yang membuat kita "hidup" adalah jiwa kita. Ruh
itulah spirit kehidupan kita. Karena jiwa berasal dari Dzat yang sama, maka manusia mengenal istilah bahasa universal, yakni bahasa yang mampu dipahami oleh seluruh manusia tanpa membedakan latar belakang, suku, bahasa, maupun agamanya. Oleh sebab itulah, sudah menjadi suatu kelaziman bahwa setiap individu selalu tergerak untuk menginginkan yang terbaik dalam kehidupannya. Siapa pun itu, apa pun latar belakangnya. Meski terkadang sikap, perilaku, ataupun tindakannya sama sekali tidak mengarah pada tujuan tersebut. Harapan untuk mendapatkan yang terbaik inilah yang sering kita sebut dengan "mimpi".

"Fokus pada tujuan adalah jalan keluarnya. Buatlah step by step-nya terlebih dahulu, dan jalani prosesnya."

Saya punya mimpi dan saya yakin Anda pun memiliki mimpi, meski terkadang wujud dari mimpi itu berbeda. Dan mimpi-mimpi inilah yang senantiasa kita kejar setiap hari, dari waktu ke waktu. Sayangnya, perjalanan untuk mencapai mimpi ini ternyata tidak mudah. Banyak aral melintang yang menghadang. Banyak kejadian-kejadian yang tak terduga, dan justru itu menyulitkan kita dalam mencapai mimpi tersebut. Inilah yang sering membuat melenceng perjalanan kita. Kalau hal ini tidak segera kita sadari, maka mimpi-mimpi itu akan semakin jauh meninggalkan kita. Dan ujung-ujungnya kita hanya bisa gigit jari sambil meratap, "nasib sedang tidak berpihak kepada saya". Sebuah upaya untuk melakukan "pembenaran" atas kesalahan yang kita buat sendiri.

Maka fokus pada tujuan adalah jalan keluarnya. Buatlah step by step-nya terlebih dahulu, dan jalani prosesnya satu persatu dengan kesungguhan hati dan dengan rasa penuh kesadaran. Bukan sebagai paksaan. Inilah yang dimaksud sebagai target antara, yakni target yang kita buat secara bertahap untuk mencapai target besar kita itu. (meminjam istilah yang dipakai oleh Ary Ginanjar Agustian, dalam bukunya "The ESQ Way 165"). Atau yang dibahasakan oleh Pak Asnanto, Sales Manager saya, dengan istilah melihat 5 meter yang ada di depan kita terlebih dahulu. Mengapa harus demikian? Karena kemampuan otak manusia sangat terbatas, dengan melakukan subsitusi target maka proses untuk menggapai mimpi ini menjadi lebih mudah dan terarah. Maka, jalani saja step by step-nya, dan Anda akan dibuat tercengang karena tahu-tahu mimpi itu sudah ada dalam genggaman Anda.

Tak percaya?! Coba saja, begitu saja kok repot.

Salam,
@kangwiguk

*Judul diadopsi dan disadur dari Judul Buku Gus Dur, "Islamku, Islam Anda, Islam Kita".


Komentar

  1. Silahkan tinggalkan komentar...
    Masukan atau bahkan kritik dari Anda sangat berarti bagi saya.
    Terima kasih..

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih, Anda telah berkunjung ke blog saya. Masukan, saran, dan kritik dari Anda sangat berarti bagi saya.
Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini...

Postingan populer dari blog ini

Lebih Susah Mana Mencari Kerja Ataukah Mencari Tenaga Kerja @kangwiguk

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa jumlah pengangguran di Indonesia hingga akhir Februari 2013 tercatat sebesar 7,17 juta orang. (sumber: kompas.com, 6 Mei 2013). Hal ini ditengarai karena sempitnya lapangan kerja. Jumlah pengangguran tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. “Untuk bisa sekolah saja susahnya minta ampun. Lha sekarang sudah lulus sekolah, nyari kerja ternyata lebih susah lagi,” begitu komentar salah satu tetangga saya yang kebingungan karena anaknya yang baru lulus sekolah menengah belum juga mendapat pekerjaan, meski telah melamar berulang kali.             Pertanyaannya sekarang, benarkah mencari kerja itu susah?

Daftar Blogger Pemula Aktif Indonesia

"Berbagi Semangat, Semangat Berbagi," itulah tagline yang saya gunakan dalam blog ini. Mengapa demikian? Ada dua hal yang melatar belakanginya. Pertama , SEMANGAT. Bagi saya, semangat adalah ruh dari setiap aktivitas kita. Ia adalah nyawa yang menghidupkan dan menggerakkan setiap sendi kehidupan kita. Tanpanya, hidup menjadi tak bergairah, loyo, dan tentu saja, tak ada pencapaian yang luar biasa. Kedua, BERBAGI. Untuk hal yang satu ini, rasanya tak perlu butuh banyak penjelasan, berbagai literatur bertebaran di mana-mana yang menunjukkan bahwa hikmah atau manfaat dari berbagi ini sangatlah banyak. Diantaranya adalah hidup menjadi lebih indah dan bermakna. Berbicara mengenai berbagi, saya langsung teringat dengan salah satu program yang digagas oleh admin Blogger Pemula Indonesia , Kang Hendri. Kang Hendri, telah mencetuskan sebuah ide yang luar biasa (menurut saya), yakni: blogwalking . Tentunya, bagi setiap blogger yang ingin blog-nya berkembang, kehadiran setiap pengu

Semangat @kangwiguk

"Tak ada yang bisa menghentikan karya, tak juga waktu. Yang bisa menghentikan adalah SEMANGAT YANG MATI." Pernah Anda mendengar ungkapan ini?! Iya, ini adalah ungkapan seorang musisi legendaris Indonesia, Chrisye. (Audifax, 2010). Dalam hal apapun yang kita geluti, SEMANGAT selalu menjadi hal terpenting yang harus dimiliki. Ia adalah "RUH" yang menghidupkan, ia adalah nyawa yang menggerakkan, selama semangat itu masih kita miliki, tak peduli berapa kali pun kita jatuh atau bahkan dijatuhkan (barangkali), maka sebanyak itu pula kita akan (sanggup) bangkit. Oleh karenanya, milikilah semangat yang berapi-api, semangat yang terus membara dari waktu ke waktu. Jaga sebaik mungkin dan jangan pernah biarkan padam sedikit pun. Bersamanya, raihlah apapun yang menjadi impian dan harapan Anda. Semangat Pagi, Semangat Beraktivitas. Salam, @kangwiguk