sumber gbr: gambarrumah.com |
Jika Anda akhir-akhir ini
merasa telah dihinggapi kejenuhan atas berbagai aktivitas kerja yang
ada, maka selayaknya Anda untuk segera melakukan evaluasi sebelum
kejenuhan itu menurunkan produktivitas Anda, atau bahkan akan
menghancurkan karier Anda. Menurut para pakar, kejenuhan seorang
pekerja biasanya ditandai dengan menurunnya produktivitas kerja,
perasaan malas, dan juga keengganan untuk berlama-lama di tempat
kerja. Hal ini ditengarai karena beberapa faktor, diantaranya adalah
faktor dari diri sendiri – biasanya ia memiliki masalah pribadi
atau keluarga, faktor lainnya adalah hubungan yang kurang harmonis
dengan atasan atau rekan kerja lainnya – pekerja merasa
diintimidasi oleh atasan, dibanding-bandingkan dengan pekerja
lainnya, dan lain sebagainya. Atau bisa juga karena faktor
lingkungan, di mana lokasi kerja, tempat ia menghabiskan waktu selama
berjam-jam tidak memberikan suasana yang nyaman.
Sebagai pekerja yang
profesional, sudah sepatutnya jika kita harus bisa membedakan mana
masalah pribadi (keluarga) dan mana masalah perusahaan. Jadi,
sebaiknya selesaikan terlebih dahulu masalah pribadi Anda, sehingga
tidak terbawa ke tempat kerja. Tidak ada salahnya jika Anda mengambil
cuti beberapa hari guna menyelesaikan masalah Anda itu. Bukankah
masalah yang didiamkan secara berlarut-larut justru akan menjadi
semakin ruwet dan tak karuan? Maka, segera selesaikan, lebih cepat
lebih baik!
Sedangkan, untuk masalah
harmonisasi dengan atasan atau rekan kerja lainnya bisa diatasi
dengan melakukan komunikasi secara baik dan kontinyu. Sebagian besar
masalah seperti ini terjadi karena kurangnya komunikasi antar pekerja
atau atasan dan bawahan. Bisa juga sebaliknya. Google misalnya, ia
sangat memahami betul bahwa keharmonisan dan kenyamanan karyawannya
memberi pengaruh yang cukup besar atas pencapaian perusahaan. Untuk
itu ia memberi sentuhan “bermain” di kantor untuk membangun iklim
kreatif dan unik, juga sebagai media komunikasi antar karyawan.
Sementara itu, desain dan
kenyamanan kantor juga telah terbukti memberi andil yang cukup besar
untuk peningkatan produktivitas kerja. Saat ini, sudah banyak
perkantoran modern yang mendesain ruang kerja bagi karyawannya dengan
memasukkan unsur kedekatan antara ruang luar dan ruang dalam, karena
hal ini ditengarai mampu meningkatkan produktivitas para pekerjanya.
Seperti hasil riset Biofilia, ilmu yang mempelajari hubungan manusia
dengan alam dan bagaimana pengaruhnya, Heschong-Mahone Group
menemukan pekerja call centre 6-7% lebih efektif dalam
mengangkat telepon ketika bekerja dengan pemandangan alam luar
dibandingkan dengan yang tanpa pemandangan. Bagaimana dengan ruang
kerja Anda?
Salam,
@kangwiguk
Komentar
Posting Komentar
Terima kasih, Anda telah berkunjung ke blog saya. Masukan, saran, dan kritik dari Anda sangat berarti bagi saya.
Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini...