Langsung ke konten utama

5 Nasehat Einstein Untuk Kesuksesan Kita @kangwiguk



Albert Einstein
Siapa yang tidak mengenal ilmuwan dan fisikawan hebat sepanjang sejarah manusia ini? Iya, Einstein dengan segala kemampuan dan kecerdasannya mampu tampil menjadi legenda dalam sejarah hidup manusia. Banyak sejarah hidup dan kisah inspiratif yang dapat kita pelajari darinya. Mulai dari teori relativitasnya, hingga kisah bagaimana ia mampu menaklukkan segala keterbatasan yang sempat menghalanginya. Berikut saya kutipkan 5 nasehat darinya untuk kemajuan dan kesuksesan kita. Apa saja 5 nasehat itu?

Imajinasi

“Imajinasi lebih penting dari pengetahuan,” demikian yang pernah dikatakan oleh Einstein. Terbukti, dengan memiliki imajinasi seseorang menjadi punya visi dan misi yang jelas dalam hidupnya. Ia menjadi paham dan mengerti tindakan apa yang mesti dilakukan. Target hidupnya menjadi lebih jelas dan
terukur, dengan demikian aktivitas yang dilakukan juga menjadi jauh lebih berkualitas. Coba Anda bayangkan, apa jadinya jika manusia tidak memiliki imajinasi? Bisa dipastikan hidup manusia akan menjadi sangat membosankan. Tak ada gairah. Tak memiliki semangat. Karena pada dasarnya gairah dan semangat hidup manusia tumbuh karena ia memiliki harapan dan pencapaian tertentu. Maka berimajinasilah. Bermimpilah, sebagaimana harapan dan cita-cita Anda. Dan selanjutnya, bangun dan berjuanglah untuk mewujudkannya.

Selalu Bertanya

Bagi sebagian orang, terlalu banyak bertanya adalah hal yang sangat menjengkelkan. Namun, Einstein punya pendapat lain, baginya, bertanya merupakan bagian dari upaya untuk melakukan perbaikan diri. “Hal yang terpenting adalah jangan berhenti bertanya,” demikian salah satu ungkapannya itu. Karena dengan bertanya seseorang yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. Seseorang yang awalnya tidak mengerti menjadi mengerti. Inilah yang dimaksud dengan melakukan perbaikan secara terus menerus. Bagi masyarakat Jepang dikenal dengan istilah kaizen, perbaikan terus menerus. Bukankah Al Ghazali juga mengatakan, “Tidak tahu adalah separo dari ilmu?” Artinya bertanyalah, jangan diamkan ketidaktahuan Anda.

Selalu Berpikir Dengan Cara yang Berbeda

Berikut ungkapan Einstein lainya, “Adalah kegilaan, bagi mereka yang melakukan hal yang sama berulang kali, namun mengharapkan hasil yang beda.” Zaman telah banyak berubah, sayangnya, terkadang pola pikir kita masih tetap sama – kita belum melakukan inovasi dan strategi lain untuk menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Maka wajar jika target dan harapan kita jauh dari kenyataan. Disini Einstein mengajak kita untuk tak bosan melakukan berbagai inovasi dan mengembangkan daya kreativitas kita guna menghasilkan pencapaian-pencapaian yang luar biasa dalam hidup kita.

Sadar, Kegagalan adalah Pembelajaran

“Orang yang tak pernah membuat kesalahan adalah orang yang tak pernah mencoba hal-hal baru,” demikian salah satu ungkapannya yang sangat legendaris itu. Sekian banyak orang terpaku dan terlena dengan zona nyamannya. Mereka lupa, bahwa perkembangan zaman 'berlari' demikian cepatnya. Bahkan terkadang kita sendiri pun juga turut terlena di dalamnya. Ayo, saatnya kita bangkit untuk mencoba hal-hal baru demi perbaikan dan kesuksesan kita. Jangan pernah takut gagal, bukankah orang-orang yang bermental sukses tidak pernah memiliki kamus 'gagal' dalam hidupnya, yang ada adalah proses yang masih jauh dari sempurna?

Penyederhanaan

“Kalau kamu tak dapat menjelaskan sesuatu secara sederhana, maka kamu tak mengerti sepenuhnya.” Hidup ini rumit tapi jangan dibikin rumit. Hidup ini susah, tapi jangan dibikin susah. Inilah cara berpikir sederhana. Bukan berarti lantas diam dan tidak melakukan apa-apa. Bukan itu yang dimaksud. Tapi melakukan breakdown atas berbagai tugas dan target yang ada sehingga aktivitas menjadi lebih ringan dan terarah namun tetap dengan pencapaian yang sempurna.

Yuk, coba aplikasikan dalam kehidupan kita ya...

Salam,
@kangwiguk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lebih Susah Mana Mencari Kerja Ataukah Mencari Tenaga Kerja @kangwiguk

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa jumlah pengangguran di Indonesia hingga akhir Februari 2013 tercatat sebesar 7,17 juta orang. (sumber: kompas.com, 6 Mei 2013). Hal ini ditengarai karena sempitnya lapangan kerja. Jumlah pengangguran tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. “Untuk bisa sekolah saja susahnya minta ampun. Lha sekarang sudah lulus sekolah, nyari kerja ternyata lebih susah lagi,” begitu komentar salah satu tetangga saya yang kebingungan karena anaknya yang baru lulus sekolah menengah belum juga mendapat pekerjaan, meski telah melamar berulang kali.             Pertanyaannya sekarang, benarkah mencari kerja itu susah?

Daftar Blogger Pemula Aktif Indonesia

"Berbagi Semangat, Semangat Berbagi," itulah tagline yang saya gunakan dalam blog ini. Mengapa demikian? Ada dua hal yang melatar belakanginya. Pertama , SEMANGAT. Bagi saya, semangat adalah ruh dari setiap aktivitas kita. Ia adalah nyawa yang menghidupkan dan menggerakkan setiap sendi kehidupan kita. Tanpanya, hidup menjadi tak bergairah, loyo, dan tentu saja, tak ada pencapaian yang luar biasa. Kedua, BERBAGI. Untuk hal yang satu ini, rasanya tak perlu butuh banyak penjelasan, berbagai literatur bertebaran di mana-mana yang menunjukkan bahwa hikmah atau manfaat dari berbagi ini sangatlah banyak. Diantaranya adalah hidup menjadi lebih indah dan bermakna. Berbicara mengenai berbagi, saya langsung teringat dengan salah satu program yang digagas oleh admin Blogger Pemula Indonesia , Kang Hendri. Kang Hendri, telah mencetuskan sebuah ide yang luar biasa (menurut saya), yakni: blogwalking . Tentunya, bagi setiap blogger yang ingin blog-nya berkembang, kehadiran setiap pengu

Semangat @kangwiguk

"Tak ada yang bisa menghentikan karya, tak juga waktu. Yang bisa menghentikan adalah SEMANGAT YANG MATI." Pernah Anda mendengar ungkapan ini?! Iya, ini adalah ungkapan seorang musisi legendaris Indonesia, Chrisye. (Audifax, 2010). Dalam hal apapun yang kita geluti, SEMANGAT selalu menjadi hal terpenting yang harus dimiliki. Ia adalah "RUH" yang menghidupkan, ia adalah nyawa yang menggerakkan, selama semangat itu masih kita miliki, tak peduli berapa kali pun kita jatuh atau bahkan dijatuhkan (barangkali), maka sebanyak itu pula kita akan (sanggup) bangkit. Oleh karenanya, milikilah semangat yang berapi-api, semangat yang terus membara dari waktu ke waktu. Jaga sebaik mungkin dan jangan pernah biarkan padam sedikit pun. Bersamanya, raihlah apapun yang menjadi impian dan harapan Anda. Semangat Pagi, Semangat Beraktivitas. Salam, @kangwiguk