Langsung ke konten utama

5 Hal Penting Untuk Menumbuhkan Semangat Kerja @kangwiguk


Sebagai pembanding, jika Anda seorang atasan dan diminta untuk memilih seorang staf yang akan membantu Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan Anda, manakah yang akan Anda pilih diantara dua pilihan ini: (1) Seorang calon karyawan yang belum memiliki pengalaman namun ia mencerminkan pribadi yang penuh semangat dan memiliki antusiasme tinggi, dan (2) Seorang calon karyawan yang sudah sangat berpengalaman, cerdas, memiliki background pendidikan yang baik, namun ia nampak sebagai pribadi yang biasa saja; sikapnya tidak mencerminkan bahwa ia memiliki semangat yang tinggi, juga antusiasmenya terhadap pekerjaan nampak biasa-biasa saja. Manakah yang akan Anda pilih?

Kalau saya, jelas akan memilih calon karyawan yang pertama. Bagi saya, seorang karyawan yang penuh dedikasi dan memiliki semangat kerja tinggi adalah aset yang luar biasa. Ia adalah modal penting bagi perusahaan untuk mencapai tujuannya. Karena, biasanya mereka yang memiliki semangat tinggi adalah sosok pribadi yang tahan banting, pekerja keras, dan tahan uji.
Bukankah ini adalah modal penting untuk mencapai kesuksesan?!

Meskipun demikian, terkadang tanpa kita sadari semangat (kerja) kita sering jatuh bangun tak terkendali. Adakalanya semangat kita menyala-nyala seolah tak akan pernah padam. Namun, dilain kesempatan, tak jarang semangat kita redup bagai lampu yang akan kehabisan minyak. Nah, untuk menjaga agar semangat kita terus menyala, tidak ada salahnya jika kita terapkan 5 hal berikut ini dalam kehidupan kita. Apakah 5 hal tersebut?

Memiliki Tujuan Hidup Yang Jelas

Dalam berbagai kesempatan, sering saya memperhatikan cara jalan orang-orang yang lalu lalang baik di mal ataupun di terminal. Dari caranya berjalan, saya bisa memastikan (tepatnya menduga) bahwa mereka yang berjalan dengan mantap, penuh semangat, (pasti) mereka adalah orang-orang yang memiliki tujuan yang jelas. Mereka tahu harus bertindak apa dan berbuat apa, karena sebelumnya mereka telah merencanakan terlebih dahulu step by step-nya. Lain halnya dengan mereka yang berjalan lontang-lantung. Biasanya mereka berjalan tanpa semangat, banyak lirik kanan dan kiri, sesekali mereka berhenti untuk suatu hal yang tidak jelas. Pandangannya tidak fokus. Bisa dipastikan, mereka adalah orang-orang yang sedang tidak memiliki tujuan yang jelas. Kalaupun mereka memiliki tujuan, bisa dipastikan lagi bahwa tujuan mereka tidak begitu penting, sehingga tak perlu ada semangat yang menggelora untuk meraihnya.

Dalam kehidupan ini pun berlaku hal yang sama, terlebih dalam dunia kerja. Jika kita memiliki tujuan yang jelas – baik tujuan jangka panjang maupun tujuan jangka pendek – bisa dipastikan bahwa pikiran kita akan selalu 'disibukkan' oleh hal-hal yang berkaitan dengan proses untuk mencapai tujuan itu. Maka perjelas tujuan hidup Anda saat ini juga. Catat pencapaian yang ingin Anda raih hari ini, besok dan seterusnya, jadikan ia sebagai 'peta' yang akan memandu perjalanan Anda untuk meraih keberhasilan demi keberhasilan.

Berpegang Teguh Pada Prinsip Hidup yang Baik

Tak bisa dipungkiri, dalam hal apapun selalu terdapat unsur yang bersifat positif maupun negatif. Termasuk dalam lingkungan kerja. Terkadang kita sering mendengar berbagai pendapat negatif atas berbagai kebijakan yang dikeluarkan perusahaan. Jika kita tidak mampu memfilter berbagai pendapat-pendapat negatif tersebut bisa dipastikan bahwa kita akan turut tergelincir ke dalam hal yang bersifat negatif tersebut. Oleh karenanya, biasakan diri untuk tidak terbawa arus dalam pembicaran atau pendapat yang bersifat negatif dan kembalikan hal-hal tersebut pada prinsip hidup yang Anda pegang, yakni prinsip hidup berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan dan ajaran agama yang mulia.

Fokus Pada Hal Positif Saja

Ada sebuah pernyataan menarik dalam dunia kerja, “Selamanya, kita (bawahan) tidak bisa memilih atasan, namun sebaliknya atasan bisa memilih bawahan.” Terkadang, hidup tidak seperti yang kita harapkan, maunya mendapat seorang atasan yang perfect; baik pada kita, ramah, perhatian, dan jauh dari kesan killer. Sayang, kenyataannya tidak seperti itu, kita justru masuk dalam tim yang dipimpin oleh atasan yang perfeksionis, sangat disiplin dengan kontrol yang ketat. Killer poll! Menghadapi kenyataan demikian terkadang bisa membuat semangat kerja kita menjadi redup, oleh karenanya, rubahlah cara pandang Anda, rubahlah (titik) fokus Anda. Bukankah kedisiplinan tinggi adalah modal penting untuk kesuksesan kita? Jadi berterima kasihlah jika Anda mendapat leader yang demikian, karena Anda akan sangat terbantu untuk mendisiplinkan diri Anda, sehingga hal itu akan menjadi habbit, menjadi kebiasaan yang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan-kesuksesan berikutnya.

Segera Bertindak

Kerjakan hari ini apa yang bisa Anda kerjakan!” Demikian pepatah mengatakan. Artinya, jangan menjadi pribadi yang hanya gemar membuat rencana namun tanpa ada tindakan sama sekali. Ketahuilah, sesungguhnya rasa malas muncul akibat kita suka menunda-nunda pekerjaan. Segeralah bertindak, lakukan pekerjaan kita sesuai dengan rencana yang telah Anda buat sebelumnya. Percayalah, dengan disiplin menjalankan agenda kerja Anda, maka semangat kerja itu akan selalu berkobar dalam diri Anda. Dalam jiwa Anda. Dan nikmatilah hasilnya kemudian.

Jangan Takut Salah

Sudah menjadi tabiat iblis, bahwa iblis tidak akan pernah bahagia jika belum melihat manusia terjerumus dalam lubang hitam kegagalannya. Dan salah satu cara iblis untuk 'menyesatkan' manusia adalah dengan menebarkan rasa takut pada diri manusia. Sehingga perasaan takut inilah yang sering membuat lidah kita kelu, kaki kita kaku, dan otak kita beku. Kita takut untuk melangkah menjemput kesuksesan kita. Keadaan takut salah dan gagal kerap kali membunuh fihgting spirit kita. Untuk itu, buang jauh-jauh rasa takut itu. Jangan pernah takut untuk mencoba. Bukankah petuah bijak mengatakan, “Lebih baik Anda mencoba meskipun gagal dari pada Anda gagal mencoba? Bukankah selalu ada kesempatan untuk memperbaiki diri?

Demikian 5 hal penting yang patut kita perhatikan dan kita jalankan untuk menjaga dan menumbuhkan semangat kita. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Salam,
@kangwiguk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lebih Susah Mana Mencari Kerja Ataukah Mencari Tenaga Kerja @kangwiguk

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa jumlah pengangguran di Indonesia hingga akhir Februari 2013 tercatat sebesar 7,17 juta orang. (sumber: kompas.com, 6 Mei 2013). Hal ini ditengarai karena sempitnya lapangan kerja. Jumlah pengangguran tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. “Untuk bisa sekolah saja susahnya minta ampun. Lha sekarang sudah lulus sekolah, nyari kerja ternyata lebih susah lagi,” begitu komentar salah satu tetangga saya yang kebingungan karena anaknya yang baru lulus sekolah menengah belum juga mendapat pekerjaan, meski telah melamar berulang kali.             Pertanyaannya sekarang, benarkah mencari kerja itu susah?

Daftar Blogger Pemula Aktif Indonesia

"Berbagi Semangat, Semangat Berbagi," itulah tagline yang saya gunakan dalam blog ini. Mengapa demikian? Ada dua hal yang melatar belakanginya. Pertama , SEMANGAT. Bagi saya, semangat adalah ruh dari setiap aktivitas kita. Ia adalah nyawa yang menghidupkan dan menggerakkan setiap sendi kehidupan kita. Tanpanya, hidup menjadi tak bergairah, loyo, dan tentu saja, tak ada pencapaian yang luar biasa. Kedua, BERBAGI. Untuk hal yang satu ini, rasanya tak perlu butuh banyak penjelasan, berbagai literatur bertebaran di mana-mana yang menunjukkan bahwa hikmah atau manfaat dari berbagi ini sangatlah banyak. Diantaranya adalah hidup menjadi lebih indah dan bermakna. Berbicara mengenai berbagi, saya langsung teringat dengan salah satu program yang digagas oleh admin Blogger Pemula Indonesia , Kang Hendri. Kang Hendri, telah mencetuskan sebuah ide yang luar biasa (menurut saya), yakni: blogwalking . Tentunya, bagi setiap blogger yang ingin blog-nya berkembang, kehadiran setiap pengu

Semangat @kangwiguk

"Tak ada yang bisa menghentikan karya, tak juga waktu. Yang bisa menghentikan adalah SEMANGAT YANG MATI." Pernah Anda mendengar ungkapan ini?! Iya, ini adalah ungkapan seorang musisi legendaris Indonesia, Chrisye. (Audifax, 2010). Dalam hal apapun yang kita geluti, SEMANGAT selalu menjadi hal terpenting yang harus dimiliki. Ia adalah "RUH" yang menghidupkan, ia adalah nyawa yang menggerakkan, selama semangat itu masih kita miliki, tak peduli berapa kali pun kita jatuh atau bahkan dijatuhkan (barangkali), maka sebanyak itu pula kita akan (sanggup) bangkit. Oleh karenanya, milikilah semangat yang berapi-api, semangat yang terus membara dari waktu ke waktu. Jaga sebaik mungkin dan jangan pernah biarkan padam sedikit pun. Bersamanya, raihlah apapun yang menjadi impian dan harapan Anda. Semangat Pagi, Semangat Beraktivitas. Salam, @kangwiguk