Langsung ke konten utama

Saat Stres, Ini Yang Harus Anda Lakukan (Kiat Mengelola Masalah) @kangwiguk


Tak bisa dipungkiri lagi, dalam setiap lini kehidupan, masalah akan selalu datang menghampiri. Berbagai respon dilakukan oleh manusia, sebagian orang sibuk mengumpat, memaki, dan menyesali kenapa masalah itu terjadi. Padahal, melakukan hal-hal sebagaimana yang disebutkan itu tidak akan menyelesaikan masalah. Justru akan menambah ruwet masalah yang ada. Untuk itu, daripada Anda sibuk melakukan hal-hal yang tidak berarti tersebut, alangkah baiknya jika Anda melakukan sesuatu sebagaimana tips dari Robert H. Sculler dalam bukunya “Tough Times Never Last, But Tough People Do”, berikut ini:


Hadapi Setiap Masalah Yang Datang

Tak perlu panik saat masalah itu hadir. Pun begitu, cuek terhadap masalah juga bukan pilihan yang dianjurkan. Sudah selayaknya Anda peduli pada masalah yang ada, sekecil apapun masalah itu. Asal tahu saja, banyak masalah kecil yang potensial menjadi masalah besar dan siap meledak jika Anda tidak berusaha mengelola masalah itu secara efektif. Untuk itu, segera temukan solusi yang tepat atas masalah yang menimpa Anda itu. Percayalah, tidak ada masalah yang tidak ada solusinya. Tidak ada persoalan yang tidak ada jalan keluarnya.

Jangan Mendramatisir Masalah

Mendramatisir masalah bukanlah hal yang manjur untuk memperbaiki keadaan. Stop mengeluhkan masalah Anda kesana kemari. Jangan melebih-lebihkan masalah. Karena mendramatisir masalah hanya akan menambah beban Anda. Jernihkan pikiran Anda dan tempatkan masalah pada sudut pandang yang objektif.

Jangan Kelewat Santai

Melupakan masalah sejenak boleh saja, asal jangan melarikan diri dari masalah yang ada. Selama ini sering orang mencoba melupakan masalah dengan melakukan kegiatan yang menghibur. Hal ini sah dan boleh dilakukan asal jangan sampai lupa diri. Begitu pikiran Anda sudah tenang, segera temukan jalan keluar atas masalah yang menimpa Anda. Karena masalah yang terlalu lama diendapkan akan semakin sulit untuk diselesaikan. Lagi pula, semakin lama Anda melupakan masalah, semakin banyak masalah baru yang muncul.

Jangan Emosi

Emosi dan kalut saat menghadapi masalah adalah hal yang wajar dan manusiawi. Tapi usahakan Anda jangan sampai mengacaukan pikiran jernih Anda. Biasanya, kondisi yang emosional akan menuntun Anda pada tindakan yang destruktif. Maka berhati-hatilah. Saat Anda tengah emosi jangan sekali-kali mencoba untuk mengambil keputusan. Lebih baik Anda cooling down dulu, dan pada saat pikiran Anda sudah tenang, mulailah untuk memikirkan jalan keluar atas masalah Anda tersebut.

Pakai Strategi

Jangan cuma sibuk mencari bantuan orang lain. Cobalah atur strategi untuk memcahkan masalah Anda. Anda boleh mencari bantuan oang lain tetapi jangan berharap bahwa ia yang akan menyelesaikan semuanya. Semua ada ditangan Anda sendiri. Jadi, Anda harus bisa mengatur strategi dan rencana untuk mengatasi masalah Anda itu.

Selanjutnya, semua tergantung sejauh mana usaha Anda dalam menyelesaikannya! Ingat! Kemampuan Anda dalam mengelola masalah menjadi modal penting dalam meraih kesuksesan sebagaimana mimpi dan harapan Anda, baik dalam karier maupun kehidupan pribadi Anda.

Salam,
@kangwiguk


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lebih Susah Mana Mencari Kerja Ataukah Mencari Tenaga Kerja @kangwiguk

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa jumlah pengangguran di Indonesia hingga akhir Februari 2013 tercatat sebesar 7,17 juta orang. (sumber: kompas.com, 6 Mei 2013). Hal ini ditengarai karena sempitnya lapangan kerja. Jumlah pengangguran tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. “Untuk bisa sekolah saja susahnya minta ampun. Lha sekarang sudah lulus sekolah, nyari kerja ternyata lebih susah lagi,” begitu komentar salah satu tetangga saya yang kebingungan karena anaknya yang baru lulus sekolah menengah belum juga mendapat pekerjaan, meski telah melamar berulang kali.             Pertanyaannya sekarang, benarkah mencari kerja itu susah?

Daftar Blogger Pemula Aktif Indonesia

"Berbagi Semangat, Semangat Berbagi," itulah tagline yang saya gunakan dalam blog ini. Mengapa demikian? Ada dua hal yang melatar belakanginya. Pertama , SEMANGAT. Bagi saya, semangat adalah ruh dari setiap aktivitas kita. Ia adalah nyawa yang menghidupkan dan menggerakkan setiap sendi kehidupan kita. Tanpanya, hidup menjadi tak bergairah, loyo, dan tentu saja, tak ada pencapaian yang luar biasa. Kedua, BERBAGI. Untuk hal yang satu ini, rasanya tak perlu butuh banyak penjelasan, berbagai literatur bertebaran di mana-mana yang menunjukkan bahwa hikmah atau manfaat dari berbagi ini sangatlah banyak. Diantaranya adalah hidup menjadi lebih indah dan bermakna. Berbicara mengenai berbagi, saya langsung teringat dengan salah satu program yang digagas oleh admin Blogger Pemula Indonesia , Kang Hendri. Kang Hendri, telah mencetuskan sebuah ide yang luar biasa (menurut saya), yakni: blogwalking . Tentunya, bagi setiap blogger yang ingin blog-nya berkembang, kehadiran setiap pengu

Semangat @kangwiguk

"Tak ada yang bisa menghentikan karya, tak juga waktu. Yang bisa menghentikan adalah SEMANGAT YANG MATI." Pernah Anda mendengar ungkapan ini?! Iya, ini adalah ungkapan seorang musisi legendaris Indonesia, Chrisye. (Audifax, 2010). Dalam hal apapun yang kita geluti, SEMANGAT selalu menjadi hal terpenting yang harus dimiliki. Ia adalah "RUH" yang menghidupkan, ia adalah nyawa yang menggerakkan, selama semangat itu masih kita miliki, tak peduli berapa kali pun kita jatuh atau bahkan dijatuhkan (barangkali), maka sebanyak itu pula kita akan (sanggup) bangkit. Oleh karenanya, milikilah semangat yang berapi-api, semangat yang terus membara dari waktu ke waktu. Jaga sebaik mungkin dan jangan pernah biarkan padam sedikit pun. Bersamanya, raihlah apapun yang menjadi impian dan harapan Anda. Semangat Pagi, Semangat Beraktivitas. Salam, @kangwiguk